Wednesday, 26 March 2014

APA ITU TIROID ?

Salam Rabu ..
Today i nak share dengan u all apa itu tiroid..
Juz copy paste je la kat pak gugel .. hehe ..
Sebab kat opis bile dorang bercerita pasal tiroid, n me doesn't know wat actually benda tuh..
sadisss betol... i juz imagine dat tyroid is like tonsil.. wakakakka my bad...
Lets check it out :)

Wanita dengan kelainan kelenjar tiroid bisa melahirkan generasi yang lambat dalam merespons, mudah lelah, memiliki keterbelakangan mental dan cacat fisik. 

Menurut data dari Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), 3-4 % wanita hamil mengidap kelainan kelenjar tiroid. Kasus itu merupakan kasus kelainan endokrin terbesar kedua setelah diabetes.

Tiroid adalah kelenjar kecil yang berdiameter sekitar lima sentimeter dan terletak di leher, tepat di bawah jakun. Dalam keadaan normal, kelenjar itu hampir tidak terlihat dan diraba. Namun kelenjar itu bisa menjadi besar melebihi kepalan tangan orang dewasa saat mengalami kelainan.

“Kelenjar itu menghasilkan hormon tiroid yang terdiri dari tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3) yang berpengaruh pada suhu tubuh, pergerakan usus, denyut jantung, kekuatan otot, metabolisme lemak, karbohidrat dan protein,” jelas dr. Em Yunir, SpPD (K), sekretaris jenderal PERKENI. Kelainan terjadi ketika ketika hormon yang dihasilkan kurang atau berlebih.

Ketika tubuh kekurangan hormon tiroid (hipotiroid), metabolisme tubuh akan melambat. “Biasanya muncul gondok,” jelas Em Yunir. Sementara saat hormon tiroid berlebih (hipertiroid) akan terjadi penurunan kualitas hidup. “Ditandai dengan denyut jantung yang cepat, keringat berlebih, penurunan berat badan, hingga gangguan menstruasi.”
Kelainan lain yang terjadi pada tiroid adalah kanker tiroid, yang bisa terjadi karena pasien pernah menjalani terapi penyinaran di kepala, leher maupun dada dan faktor riwayat keturunan.

“Untuk mencegah kelainan kelenjar tiroid perlu deteksi dini agar diketahui kadar hormon tiroid dalam tubuh,” jelas Em Yunir. Deteksi dilakukan dengan mengukur kadar thyroid stimulating hormone (THS) yang memproduksi dan melepaskan T4 dan T3. Kadar THS normal adalah 1-5 mikro unit per liter.

Sedangkan cara mudah untuk menghindari kelainan kelenjar tiroid adalah dengan memastikan asupan tubuh Anda cukup mengandung yodium. Kandungan yodium, misalnya, bisa didapatkan dari garam, sayuran, ikan dan air minum. (Wiko Rahardjo)


No comments:

There was an error in this gadget

Followers